Sejarah dan Perkembangan Informatika

/
0 Comments

Informatika selalu berkembang dari tahun ke tahun yang menyebabkan kehidupan di dunia ini semakin modern dan selalu ditemukannya teknologi-teknologi baru yang mendukung kelangsungan hidup manusia di era modern ini. Namun perkembangan informatika memiliki sejarah yang cukup berarti, yaitu awal ditemukannya komputer pertama kali di dunia yang berkembang terus hingga sampai sekarang.

Sejarah Teknologi Komputer


Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama mulai dikembangkan ketika masa berlangsungnya Perang Dunia II. Dilatar belakangi oleh negara-negara yang terlibat perang dunia ingin mengembangkan komputer untuk mencari tahu potensi yang dimiliki komputer untuk digunakan sebagai alat pendukung perang. Komputer pada generasi ini dirancang dengan menggunakan tabung vakum yang besar.


Salah Satu komputer masa generasi pertama yang terkenal adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder dan mengkonsumsi daya listrik yang sangat besar. ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark 1. Tampilan fisik komputer generasi pertama ini sangat besar dan hargnya sangat mahal dan merupakan suatu ikon dari perkembangan komputer.

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Komputer generasi kedua mengalami perkembangan yang sangat drastis. Karena pada generasi ini sudah mulai ditemukannya transistor yang merupakan komponen elektronik yang berfungsi sebagai penguat, pemotong dan pembagi arus listrik. Pada generasi ini ukuran komputer sudah mulai mengecil daripada generasi pertama.


Stretch dan IBM 1401 adalah contoh komputer generasi kedua yang sudah menggunakan transistor yang memiliki keunggulan lebih kecil ukurannya, lebih cepat kerjanya dan lebih hemat energi daripada komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer generasi ketiga terus mengalami perubahan dan pada generasi ini ditemukan pengemangan sirkuit terpadu (integrated circuit - IC). Penggunaan IC kemudian menjadi landasan bagi digunakannya sistem operasi pada komputer generasi ini yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.


Komputer di generasi ini mengalami peningkatan dar segi kecepatan, kapasitas memori dan lebih hemat listrik serta harga yang mulai terjangkau.

Komputer Generasi Keempat (1970-sekarang)

Komputer generasi keempat dari segi ukuran menjadi semakin kecil dikarenakan seluruh komponen-komponen komputer dapat diletakkan dalam sebuah chip yang kecil. Pada generasi ini penggunaan komputer sudah mulai banyak untuk keperluan di berbagai bidang. Pada awal tahun 1970 lahirlah pengembangan sistem komputasi, yaitu penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang menggabungkan komponen IC yang banyak menjadi satu chip. Setelah LSI kemudian di kembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). Kemduian dikembangkan lagi menjadi ULSI (Ultra Large Scale Integration).


Chip Intel 4004 buatan tahun 1971 adalah satu chip yang mampu memuat seluruh komponen dari sebuah komputer, baik dari CPU, memori dan Input.Output.

Fungsi Komputer

Dengan adanya komputer, banyak orang sekarang yang menggunakan komputer. Berikut adalah fungsi komputer bagi kita :
  1. Sebagai sarana untuk komunikasi.
  2. Sebagai alat pendidikan,
  3. Sebagai sarana dalam mempermudah dunia kerja.
  4. Sebagai sarana informasi.
  5. Sebagai sarana usaha.
  6. Sebagai sarana kesehatan.
  7. Sebagai sarana keamanan.

Dampak Sosial Perkembangan Komputer

Dampak Positif

Dengan adanya perkembangan komputer, banyak pengaruh yang dirasakan bagi manusia adalah meningkatnya kemudahan untuk mendapatkan informasi dan memudahkan kelangsungan hidup manusia. Kemudian memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam waktu, tenaga kerja dan biaya.

Dampak Negatif

  1. Pada lingkup sosial masyarakat akan menimbulkan sifat antisosial dimana orang yang sudah terjerumus sifat tersebut akan memiliki sifat sosial yang rendah dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar lingungannya. Selain itu, akan menimbulkan sifat adiktif atau ketergantungan dengan komputer. Hal ini menyebabkan orang yang terjerumusnya akan selalu fokus kepada komputer daripada urusan hal lain.
  2. Pada lingkup pendidikan akan menyebabkan malas belajar dan mengerjakan tugas karena terlalu asik dengan komputer. Kemudian akan merubah kualitas tulisan tangan dikarenakan terlalu sering mengetik di keyboard daripada menulis di buku.
  3. Pada lingkup hukum akan menimbulkan Violence and Gore (Kekejaman dan kesadisan) serta pornografi yang sering muncul di komputer ketika mengakses internet.
  4. Pada lingkup ekonomi akan menimbulkan kurangnya dibutuhkannya tenaga manusia karena sudah tergantikan oleh komputer yang bisa bekerja tanpa henti.
  5. Pada lingkup kesehatan akan menimbulkan nyeri otot atau saraf karena terlalu lama mengoperasikan komputer dengan posisi yang salah dan tanpa adanya istirahat.

Perkembangan Interaksi Pengguna

Perkembangan interaksi pengguna dimulai dengan berpusat pada fungsi/proses (function process centered), tidak banyak menggunakan grafis, dan berkembangnya pada segi hardware. Sedangkan perkembangan interaksi pengguna masa sekarang adalah berpusat pada pengguna (user centered), banyak menggunakan grafis, perkembangannya dari segi hardware maupun software, dan teknologinya ditujukan pada natural feel dan motion capute dan touch screen.

Prediksi untuk interaksi pengguna di masa mendatang, secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan juga memiliki banyak kemampuan. Diantaranya adalah melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi adalah kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya pun semakin kecil.

Sumber Referensi :


You may also like

No comments:

Powered by Blogger.