Lingkup Ilmu Komputer

/
0 Comments

Overview Digital World

Digital world atau dunia digital adalah suatu bukti bahwa kehidupan di dunia ini telah modern dan canggih. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan kecanggihan dari dunia digital. Digital World sudah mulai memasuki di kehidupan dunia sejak munculnya komputer generasi pertama dan selalu berkembang hingga saat ini. Mulai dari alat penghitung digital (komputer generasi pertama) hingga semua kebutuhan manusia ditunjang oleh teknologi digital. Digital world akan terus berkembang mengikuti perkembangan manusia di era digital.

Pemahaman Computing Discipline

Computing Discipline atau disiplin ilmu komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Seiring dengan perkembangan ilmu komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap ilmu komputer. Dasar ilmu komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

Disiplin Ilmu Komputer Informatika

Informatika merupakan disiplin ilmu komputer yang fokus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Information Technology juga mempelajari tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.

Pengertian Informatika

Informatika (Bahasa Inggris : Informatics) merupakan disiplin ilmi yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis, yaitu informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Informatika indentik dengan istilah Computer Science di Amerika Serikat dan Computing Science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Klasifikasi Informatika

Informatika dalam kedepannya dapat berperan penting dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, diantaranya :
  1. Algorithms and Data Structures
  2. Computer Architecture
  3. Software Engineering
  4. Artificial Intelligence and Robotics
  5. Human Computer Interaction
  6. Organizational Informatics
  7. Programming Languages
  8. Operating Systems and Networks
  9. Database and Information Retrieval System
  10. Computational Sciences
  11. Bioinformatics.


Sumber Referensi :


You may also like

No comments:

Powered by Blogger.