Informatika dan Bidang Lain dalam Computing Dicipline

/
0 Comments

Kategori disiplin ilmu komputer berdasarkan Dokumen "Computing Curricula 2005" dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu Computer Engineering (CE), Information System (IS), Computer Science (CS), Information Technology (IT), dan Software Engineering (SE). Pada saat era sebelum 1990 sampai 1990-an, disiplin ilmu komputer masih sederhana dan masih masuk ke lingkup Electrical Engineering (EE) dan Computer Science (CS). Kemudian seiring berjalannya teknologi mikroprosesor, maka munculah Computer Engineering (CE) yang merupakan pemekaran dari Electrical Engineering (EE). Kemudian pasca era 1990-an, perkembangan jaman membentuk disiplin ilmu komputasi untuk semakin menyesuaikan dengan kebutuhannya yang akhirnya Computer Engineering (CE) memisahkan dari Electrical Engineering (EE). Software Engineering (SE), Information System (IS), dan Information Technology muncul di era ini sebagai disiplin ilmu komputer.

Computer Engineering

Computer Engineering adalah disiplin ilmu komputer yang lebih mengutamakan terhadap mendesain dan membangun konstruksi komputer serta sistem dasar komputer. Dalam disiplin ilmu komputer ini lebih banyak belajar tentang hardware, software, komunikasi dan interaksi antar hardware dan software. Bidang keahlian yang dipersiapkan dalam lingkup Computer Engineering adalah :

  • Pemrograman Komputer.
  • Sistem Jaringan Komputer.
  • E-Commerce.
  • Desain & Animasi Web.
  • Internet.
  • Analisis dan Desain Bisnis.

Computer Science

Computer Science adalah disiplin ilmu komputer yang fokus mempelajari terkait dengan komputasi, algoritma komputer, robotik, intelligence system dan hal yang berkaitan dengan pengembangan teknologi komputer mendatang. Disiplin ilmu komputer ini lebih banyak di teori programming dan matematika dengan tujuan untuk mengasah kemampuan matematika dan logika. Computer Scientist dibagi dalam tiga kelompok, yaitu merancang dan implementasi software, membuat teknologi baru dalam komputer, dan mengembangkan cara untuk menyelesaikan permasalahan komputasi.

Information System

Information System adalah disiplin ilmu komputer yang fokus untuk mengintegrasikan sebuah teknologi informasi kedalam suatu sistem bisnis dan manajemen informasi secara efektif dan efisien. Seiring perkembangan teknologi, disiplin ilmu komputer Information System lebih fokus terhadap prinsip bisnis dan aplikasi teknologi, sehingga teori tentang ilmu komputer atau desain digital pada teknik komputer sangat minim. Infomation System memiliki spesialis dalam memegang peranan dalam menentukan kebutuhan sistem informasi bagi suatu organisasi bisnis.

Information Technology

Information Technology adalah disiplin ilmu komputer yang fokus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Information Technology juga mempelajari tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.

Software Engineering

Software Engineering adalah disiplin ilmu komputer yang fokus untuk mengembangkan, memelihara dan memperbaiki suatu sistem software yang besar. Software Engineering menggabungkan teori matematika dan ilmu komputer dengan membangun sistem berorientasi objek. Dalam pembelajarannya, Software Engineering lebih fokus pada pengembangan software dan perbaikan sistem.

Sumber Referensi :
https://drive.google.com/open?id=0Bzx_IFc68gK5aW1qN1VpMS1hZVk



You may also like

No comments:

Powered by Blogger.