Cara Menginstall Windows 7

/
0 Comments

Setelah lama tidak posting di Blog ini. Saya kembali dengan membawakan postingan dengan judul "Cara Menginstall Windows 7". Kini semakin banyak pengguna PC, Laptop atau Notebook. Dan kebanyakan dari penggunanya masih menggunakan Windows 7 dibandingkan Windows 8 atau Windows 8.1 yang akhir-akhir ini baru muncul. Hal ini yang membuat saya terinspirasi untuk membuat postingan ini. Berikut adalah hal-hal yang diperlukan untuk melakukan instalasi Windows 7 :

1. Sebuah PC/Laptop/Notebook.
2. DVD-RW Drive USB (untuk Notebook).
3. DVD Windows 7
4. Mouse dan Keyboard.

Dalam tutorial ini, Saya menggunakan Windows 7 Professional. Langkah-langkah dalam instalasi Windows 7 semuanya sama, meskipun berbeda versi. Berikut langkah-langkah dalam instalasi Windows 7 :

1. Nyalakan PC/Laptop/Notebook yang akan di lakukan instalasi dan masuk ke BIOS dengan menekan F2 atau Delete pada keyboard. Setelah masuk ke BIOS, masukan DVD Windows7 dan kita pilih opsi Boot, lalu masuk ke Boot Device Priority, jadikan CDROM atau nama DVD-RW Drive pada urutan pertama. Tekan F10 dan Enter untuk melakukan restart.

2. Setelah restart akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Tekan sembarang pada keyboard untuk melakukan booting melalui DVD Windows 7.

3. Ketika muncul tampilan seperti ini, berarti kita sudah melakukan booting melalui DVD Windows 7. Tunggu beberapa menit untuk melakukan pemuatan instalasi Windows 7.

4. Kemudian akan muncul tampilan berikut. Pilih bahasa yang akan kita gunakan selama instalasi, waktu dan format mata uang, dan jenis keyboard yang digunakan. Kemudian, klik Next.

5. Klik Install now, untuk memulai instalasi Windows 7.

6. Kita klik check box pada Microsoft Sofware License Terms Windows 7 Professional Service Pack 1, kemudian klik Next.

7. Pada kasus ini, saya menggunakan Custom (advanced). Karena Saya ingin menginstall Windows 7 dari awal, bukan meng-Upgrade Windows sebelumnya menjadi Windows 7.

8. Dalam instalasi ini, Saya menggunakan Hard disk berkapasitas 40 GB yang akan di bagi 3 partisi yang masing-masing berukuran 20 GB (C:), 10 GB (D:), 10 GB (E:). Untuk ukuran partisi pada kapasitas hard disk yang lebih besar, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kita klik New - Isi ukuran partisi dengan memasukan angka 20480 pada Size Box dan klik Apply.



9. Lakukan hal yang sama seperti pada langkah nomor 8. Namun pada pengisian ukuran partisi, kita masukan sebesar 10240 MB.




10. Gunakan langkah yang sama seperti langkah kesembilan.


11. Setelah kita mempartisi hard disk. Maka pilih partisi yang akan instalasi sekaligus akan dijadikan sebagai sistem operasi. Kita pilih pada Disk 0 Partition 2 yang mempunyai kapasitas 20 GB, lalu klik Next.


12. Maka akan terjadi proses instalasi. Tunggu hingga selesai dan otomatis akan merestart sendiri.


13.  Setelah restart akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Jangan tekan apapun, karena jika menekan sembarang pada keyboard akan melakukan booting melalui DVD Windows 7 otomatis mengulangi proses instalasi Windows 7.


14. Selanjutnya adalah tahap instalasi terakhir dari Windows 7. Membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, sekitar 10 menit. Setelah selesai, secara otomatis akan melalukan restart.
15. Setelah restart, maka Windows 7 akan melakukan booting seperti biasa. Lalu akan muncul pesan "Setup is preparing your computer for first use", tunggu saja hingga selesai.


16. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Yang kita harus lakukan adalah mengisi User Name dan nama komputer, lalu klik Next.

17. Selanjutnya kita isi password dari User Name. Tetapi jika tidak ingin menambahkan password, kita bisa langsung pilih Next.

18. Kemudian kita isi Product Key Windows 7 yang kita instalasi. Setiap versi Windows 7, memiliki Product Key yang berbeda. Jika sudah kita pilih Next. Atau jika ingin mengisinya nanti, kita bisa memilih Skip.

19. Berikut adalah beberapa pilihan pengaturan untuk proteksi komputer dan untuk mengupdate Windows. Jika kita memiliki koneksi internet, kita pilih Use recommended settings. Jika tidak memiliki koneksi internet, kita dapat memilih Ask me later.

20. Selanjutnya kita pilih zona waktu yang akan kita tentukan. Jika sudah, klik Next.

21. Selanjutnya kita memilih jenis network yang kita gunakan. Jika kita belum tahu pasti network yang kita gunakan. Kita pilih Public network.

22. Instalasi Windows 7 selesai. Tunggu beberapa menit, lalu desktop akan muncul.





You may also like

No comments:

Powered by Blogger.