Cara Membersihkan dan Menambahkan Thermal Compound Pada CPU

/
0 Comments
Thermal compound adalah sebuah pasta yang di berikan di atas CPU yang berguna untuk mentransfer panas dari CPU dengan lebih baik kepada heatsink. Selain itu, kegunaan thermal compound adalah untuk menjaga suhu CPU. Untuk mencari thermal compound cukup mudah. Setiap kali membeli processor baru dari Intel maupun AMD akan mendapatkan processor, heatsink serta thermal compound. Atau bisa membeli thermal compound dari vendor tertentu di toko komputer terdekat, dengan harga cukup murah.

Terlalu banyak thermal compound atau terlalu sedikit thermal compound dapat berakibat suhu CPU akan tinggi. Banyak komputer yang memiliki suhu tinggi yang disebabkan oleh pemberian thermal compound yang terlalu banyak/terlalu sedikit. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial cara membersihkan dan menambahkan thermal compound pada CPU.

Peralatan yang digunakan :
1. Tisu kering.
2. Cotton bud.
3. Alkohol 70% (rekomendasi 90%)

Langkah-langkah :
1. Keluarkan motherboard dari casing dan lepas semua port yang tertancap pada motherboard.

2. Lepaskan kunci heatsink pada processor dengan cara memutar kunci dan tarik keatas. Pada kasus ini saya menggunakan heatsink CPU dengan socket 1155.

3. Setelah kunci heatsink terlepas, angkat heatsink dan bersihkan dari debu yang menempel pada heatsink

4. Kemudian, bersihkan thermal compound yang menempel pada heatsink dengan menggunakan tisu kering terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan cotton bud yang dicelupkan dengan alkohol  agar heatsink benar-benar bersih dari thermal compound. Setelah itu keringkan kembali dengan menggunakan tisu kering.


5. Bersihkan juga thermal compound yang menempel pada CPU dengan tisu kering terlebih dahulu, kemudian dengan cotton bud yang dicelupkan pada alkohol dan keringkan kembali dengan menggunakan tisu kering.


6. Setelah heatsink dan CPU benar-benar bersih dari thermal compound. Tambahkan thermal compund yang baru. Dalam menambahkan thermal compund ke CPU, memiliki beberapa metode, tapi dalam kasus ini saya menggunakan metode Vertical Line.

7. Kemudian pasang kembali heatsink pada CPU dan kunci kembali sampai benar-benar terkunci. Selanjutnya pasang kembali Heatsink Fans pada port CPU Fans dan Sys Fans.


8. Pasang kembali motherboard ke casing dan pasang juga port dan peripheral ke motherboard.

Jika Anda masih terdapat permasalahan atau ada hal belum paham, Anda bisa berkomentar di sini. Semoga post ini membantu kalian!


You may also like

No comments:

Powered by Blogger.