Basic Hardware : Input Device

/
0 Comments

Piranti masukan adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang di masukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Piranti masukan memiliki beberapa jenis, diantaranya piranti pengetikan, petunjuk, pengambil gambar terformat, pengambil gambar tidak terformat, suara, video, gerakan, sensor, RFID, dan QR Code.

Piranti Pengetikan

Keyboard



Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file.

ATM (Automated Teller Machine)


ATM biasa digunakan dalam dunia perbankan. Biasanya digunakan untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran tagihan, transfer uang, bahkan memesan tiket kereta api. Sebagai piranti masukan, ATM memungkinkan kita sebagai pengguna untuk memasukan nomor PIN, angka uang, dan hal lain yang terdapat pada tampilan menu.

POS (Point Of Sale)


POS adalah piranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukan data pembelian. Piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard lengkap dengan angka juga terdapat tambahan yang memungkinkan memproses kartu kredit.

Piranti Penunjuk

Mouse


Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

Trackball


Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

Touchscreen


Touchscreen adalah piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.

Touchpad


Touchpad adalah alat penunjuk yang menampilkan sesnor pada permukaan khusus yang menterjemahkan gerakan dan jari pengguna ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

Joystick


Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

Piranti Penunjuk Berbentuk Pena

Light Pen


Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).

Digitizing Tablet


Digitizing Tablet merupakan salah satu piranti digizer, yaitu piranti yang dapat mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital.

Piranti Pengambil Gambar Terformat

Barcode Reader


Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data.

MICR (Magnetic Ink Character Recognition)


MICR dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula. Tinta ini nantinya akan dimagnetasi oleh piranti MICR, sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital.

OMR (Optical Mark Recognition)


OMR adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan refleksi optik, dengan mengenali ketebalan tulisan.

OCR (Optical Character Recognition)


OCR adalah piranti yang dapat membaca teks dan mengkonversikannya kedalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer.

Piranti Pengambil Gambar Tidak Terformat

Scanner


Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotokopi. Dengan proses penggunaanya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memori komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Kamera Digital


Kamera digital adalah piranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke sebuah replika film atau elektronis.

Pembaca Retina Mata


Merupakan piranti untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata. Identitas inilah yang kemudian diproses oleh komputer untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu.

Pembaca Sidik Jari


Merupakan piranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang dimana hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.

Piranti Suara

Microphone


Microphone merupakan piranti yang berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan didalam memori komputer.

ASR (Automatic Speech Recognition)

ASR merupakan piranti yang mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.

Touch Tone


Touch Tone merupakan piranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau perintah.

Piranti Video

Camcorder


Camcorder merupakan piranti yang digunakan untuk merekam citra yang bergerak. Camcorder merupakan alat perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di pemutar video.

Webcam


Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer.

Piranti Gerakan

Headset


Headset adalah piranti yang dipasang pada kepala, menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakai.

Glove


Glove berbentuk seperti sarung tangan, yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk merekan jenis data kinetis tangan user dan diubah menjadi data digital.

Walker


Walker berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi data digital.

Piranti Sensor

Sensor merupakan piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus, yang langsung dimasukkan ke dalam komputer. Contoh pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga.

RFID (Radio Frequency Identification Device)


RFID adalah piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti pelacak RFID. RFID memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan.

QR Code


Perkembangan penggunaan kode QR diawali dengan digunakannya untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular.

Sumber Referensi :




You may also like

No comments:

Powered by Blogger.